Tips Membuat Makalah Superkonduktor Anti Stress

Tips Membuat Makalah Superkonduktor Anti Stress

Ketika dosen memberikan tugas berupa penyusunan makalah superkonduktor dan mengatakan akan dikumpulkan minggu depan, apa yang pertama kali terjadi dalam otak dan pikiran Anda. Pasti anda bingung apalagi jika Anda bukan orang yang pandai menulis dan menyusun makalah. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai tips pembuatan makalah untuk anda.

Tips Membuat Makalah Dengan Mudah
Masalah lain dalam pembuatan makalah superkonduktor ialah ketika Anda bukanlah tipe orang yang senang membaca, habislah sudah. Seperti yang telah kita ketahui bahwa membuat makalah perlu dibaca, maka mau tidak mau Anda harus tetap membaca makalah yang Anda buat. 

Jangan hanya meng-copy paste saja dari internet tanpa dibaca terlebih dahulu, karena belum tentu sumber yang Anda salin tersebut memberikan materi yang benar.

Lalu bagaimana caranya?

1. Cari Tahu Pembahasan Apa yang Diinginkan Oleh Dosen
Setiap dosen apsti menginginkan sebuah pembahasan yang unik dalam makalah yang Anda buat. 

Oleh karena itu carilah topik apa yang Akan Anda buat. 

Dalam makalah superkonduktor, Anda dapat menambahkan sebuah pembahasan unik yang berbeda dari yang lain.

2. Kumpulkan Informasi
Setelah Anda mengetahui topik apa yang diinginkan oleh Dosen Anda atau mungkin Dosen Anda telah menentukan topik apa yang harus Anda bahas, maka Anda tinggal mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan topik tersebut.

3. Mulailah Kerjakan Dari yang Anda Bisa Kerjakan
Urutan sebuah makalah memang pasti berawal dari judul – Kata Pengantar – daftar isi – latar belakang – dan seterusnya. Anda tidak perlu mengerjakanny secara berurutan, kerjakanlah dari yang Anda bisa, dan nanti Anda tinggal menyusunnya.

4. Buat Rangkuman
Rangkuman merupakan bagian terkahir dari sebuah makalah. Mungkin istilahnya bukan rangkuman melainkan kesimpulan.

Tips Mengutip dari Sumber untuk Makalah Superkonduktor
Dalam pembuatan sebuah makalah pasti ada banyak sekali kutipan dar berbagai sumber, baik itu buku maupun internet. Anda harus mencantumkan sumber tersebut dalam makalah yang Anda buat agar tidak dicap sebagai plagiat. Dan biasanya makalah yang tidak mencantumkan sumber kutipan tidak akan di acc. Fungsi dari kutipan ialah sebagai bukti bahwa makalah yang Anda susun jelas dasarnya tidak mengarang menurut cerita Anda sendiri.

Cara penulisan kutipan itu begini, jika Anda mengambil kutipan tersebut dari sebuah buku maka di akhir kalimat yang Anda ambil setelah titik, tulislah nama belakang penulisnya kemudian tahun terbit kemudian halaman tempat kutipan yang Anda ambil itu berada. Contoh penulisannya ialah begini (Ahmad 1999: 12). Sedangkan jika penulisnya dua orang maka Anda tinggal menambahkan dan saja diantara kedua namanya. Misalnya begini (Ahmad dan Purwito: 12).

Jangan sekali-kali menggunakan sumber dari sumber yang belum pasti, karena artikelnya bisa di edit oleh siapa saja. blog pribadi pun tidak boleh, karena kebenaran tulisannya belum bisa dipertanggung jawabkan. Ditakutkan tulisan tersebut hanyalah pendapatnya semata. Website yang biasanya diterima yaitu yang ujungnya “.org”, dan “.edu”. yang memiliki ujung “.com” atau “.co.id” nbiasanya kurang diterima dalam pembuatan makalah superkonduktor.

Bacalah Kembali Makalah yang Telah Anda Susun
Tips terakhir dalam pembuatan makalah ialah bacalah kembali makalah Anda agar jika ada sebuah kesalahan dapat terkoreksi dengan baik. Setelah penulisan makalah ini selesai, maka Anda akan merasa bangga apalagi jika makalah tersebut Anda susun sendiri tanpa tindakan jahil meng-copy paste dari internet. Jika makalah tersebut telah selesai, Anda tinggal menyerahkan makalah superkonduktor tersebut kepada dosen yang menugaskannya.

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts