Aplikasi Superkonduktor, Aplikasi Superkonduktor dalam kehidupan

Aplikasi Superkonduktor

Aplikasi Superkonduktor dalam kehidupan diantaranya :

a. Kabel Listrik.
Dengan menggunakan bahan superkonduktor, maka energi listrik tidak akan mengalami disipasi karena hambatan pada bahan superkonduktor bernilai nol. Maka penggunaan energi listrik akan semakin hemat.

b. Alat Transportasi
Penggunaan superkonduktor dalam bidang transportasi adalah Kereta Listrik super cepat yang dikenal dengan sebutan Magnetik Levitation (MAGLEV).

Aplikasi Superkonduktor
Sejak ditemukannya superkonduktor sampai saat ini, pemakaiansuperkonduktor dalam beberapa bidang telah menjadi demikian popular. Aplikasi superkonduktor dipelopori dari bidang industri, terutama elektronik, yaitu sejak berkembangnya teknologi komputer dan mikroprosesor.

Aplikasi Superkonduktor di Bidang Komputer
Kemajuan teknologi dan mikroprosesor dimotori oleh kemajuan miniaturisasi dan kecepatan pemrosesan. Dalam suatu chip komputer, yang besarnya tidak lebih dari ukuran lubang jarum, terdapat juataan komponen aktif yang bila diuraikan lagi akan menjadi juataan switch yang biasanya dibuat dari bahan metal film ataupun emas. 

Efisiensi dan efektivitas makin ditingkatkandengan membuat switch dari bahan superkonduktor. Hal yang sama terjadi juga dalam pembuatan sel-sel memori komputer. Keunggulan superkonduktor dibandingkan material-material lainnya menyebabkan perkembangan teknologi komputer dan mikroprosesor makin cepat. Aplikasi dari superkonduktor dalam teknologi komputer biasa disebut dengan istilah cryotrons.

Aplikasi Superkonduktor di Bidang Fisika
Dalam bidang fisika, yaitu yang melahirkan superkonduktor,kemajuan aplikasi superkonduktor juga pesat. Salah satu bidang yang telah mengaplikasikan superkonduktor adalah bidang fusilaser. Teknologi kriogenik telah menjadi suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dalam proses fusilaser, yaitu suatu proses penghasil energi harapan di masa yang akan datang. 

Dalam prosestersebut suatu energi dalam jumlah yang sangat besar akan dihasilkan sebagaiakibat reaksi fusi antara isotop hidrogen. Kontruksi reaktor tempat reaksi berlangsung sebagian besar dibangun dengan teknologi superkoduktor.

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts