Kesalahan Umum yang Paling Sering Dilakukan saat Penyusunan Makalah Superkonduktor

Kesalahan Umum yang Paling Sering Dilakukan saat Penyusunan Makalah Superkonduktor

Dalam penyusunan sebuah makalah superkonduktor, Anda perlu meperhatikan beberapa hal yang berkaitan dengan pembahasan tersebut. 

Selain memperhatikan komposisi isi dari makalah yang Anda buat, Anda juga harus memperhatikan beberapa format penting yang terdapat pada makalah yang Anda tulis. Format tersebut merupakan kerangka yang menjadi dasar dalam penyusunan makalah. Ibaratnya kerangka tersebut merupakan patokkan dalam penyusunan makalah.

Tata Tulis dan Kerapihan dalam Penulisan Makalah
Pentingkah tata tulis dalam pembuatan makalah superkonduktor

Tentu penting, karena tanpa adanya tata tulis makalah tidak akan tersusun rapid an penulisannya akan terkesan asal-asalan. 

Lalu apakah Anda tahu bagaimanakah format penulisan makalah yang benar? 

Sebetulnya format penulisan yang benar itu sederhana dan tidak ribet. 

Hanya saja perlu ketelitian dan ketelatenan agar unsur-unsur kecil tersebut dapat terkoreksi dengan baik.

1. Format Penulisan
Format penulisan wajib ditulis dengan menggunakan IEEE yang terdiri atas dua kolom, font yang digunakan Times New Roman dengan ukuran 10, spasi yang digunakan 1,5 dan berbagai format penulisan lainnya.

2. Penulisan Paragraf
Dalam penyusunan makalah, paragraf harus terdiri atas kalimat utama dan kalimat penjelas. Antara kalimat yang satu dan yang lain harus memiliki kesinambungan.

3. Penulisan Kalimat
Jika ada penulisan kalimat yang tidak mengandung unsur subyek dan predikat. Dengan begitu, kalimat tersebut tidak layak digunakan dalam makalah. Karena kalimat tersebut bisa menjadi sebuah kalimat yang ambigu.

4. Penulisan Kata
Dalam penulisan kata, masih ada beberapa yang salah dalam penulisannya. Misalnya, standar jadi standart, tipe menjadi type, dan sebagainya.

5. EYD
Kesalahan dalam penggunaan tanda baca, merupakan hal yang paling sering terjadi. Contoh kecilnya ialah dalam penulisan “yaitu:”, rata-rata penulis makalah yang masih belajar menulisnya dengan seperti ini “yaitu :”.

6. Kerapihan Penulisan
Makalah seringkali terlihat sudah rapi, padahal belum sesuai dengan aturanya. Misalnya, pada penulisan paragraf yang tidak menggunakan rata kiri rata kanan.

Etika Penulisan dalam Penyusunan Makalah Superkonduktor
Dalam penyusunan sebuah makalah superkonduktor, ada beberapa etika yang harus Anda perhatikan. Diantarnya adalah memperhatikan kutipan yang telah Anda kutip pada makalah Anda. Cantumkanlah sumber kutipan tersebut tepat pada ujung paragraph atau kalimat kutipan yang telah Anda kutip, karena jika tidak dicantumkan sama saja Anda telah mencuri karya tulis orang lain dan dapat disebut sebagai seorang plagiat.

Hal ini juga berlaku untuk penulisan tabel, gambar, dan unsur apapun yang telah Anda kutip dari karya tulis orang lain. Apapun itu, Anda harus mencantumkan dari mana Anda mendapatkannya. Hal ini berguna sebagai bukti bahwa makalah ini Anda susun dengan sebenar-benarnya, dan bukan hanya sebuah karangan semata. Sumber yang Anda cantumkan berfungsi sebagai penguat argument yang telah Anda tulis.

Tips dalam Penyusunan Makalah Superkonduktor
Untuk menghindari kesalahan yang terus-menerus, Anda harus mengkoreksi kesalahan apa saja yang Anda lakukan dalam pembuatan makalah. Jangan sampai Anda melakukan kesalahan yang sama. Anda harus memperhatikan dan membaca makalah yang Anda buat secara detail. Jangan pernah Anda membuat makalah dengan meng-copy paste makalah tersebut dari internet, karena bisa saja situs internet yang Anda copy tersebut salah.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai kesalahan umum dalam pembuatan makalah. Semoga dengan adanya tulisan ini, Anda dapat menghindari kesalahan-kesalahan umum dalam pembuatan makalah superkonduktor.

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts