Cara Menyusun Makalah Superkonduktor Cepat dan Tepat

Cara Menyusun Makalah Superkonduktor Cepat dan Tepat

Ketika Anda mendapat tugas untuk menyusun sebuah makalah superkonduktor dan harus dikumpulkan sesegera mungkin, atau Anda telah mendapatkan tugas tersebut sejak lama namun Anda terus menunda-nunda waktu untuk mengerjakannya dan kini waktu pengumpulan sudah mepet. 
Maka, Anda pasti berlomba untuk mencari trik cepat dalam penulisan sebuah makalah. 

Memangnya ada? Di zaman yang sudah semakin canggih ini apa saja yang Anda butuhkan pasti ada.

Menentukan Tema atau Topik dalam Penyusunan Makalah
Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam penyusunan sebuah makalah ialah menyusun tema atau topik untuk makalah yang akan Anda tulis. 

Penentuan tema ini merupakan langkah yang sangat awal yang harus Anda lakukan dalam penyusunan sebuah makalah. 

Biasanya, dosen atau guru sudah menentukan satu buah tema atau masalah ketika ia memberikan tugas penyusunan makalah kepada Anda.

Misalnya tema yang guru atau dosen Anda berikan ialah superkonduktor, maka Anda harus mengembangkan tema tersebut menjadi sesuatu yang lebih luas pembahasannya namun jadi lebih terarah pada satu buah topic yang khusus. 

Anda bisa membaca berbagai sumber sebagai referensi untuk pengembangan pikiran Anda mengenai makalah superkonduktor tersebut. Setelah itu, Anda kembangkan lagi mengguanakan kalimat Anda sendiri.

Menentukan Judul yang Jelas dalam Penyusunan Makalah
Setelah tema ditentukan oleh Anda, langkah selanjutnya yang harus Anda ambil dalam penyusunan makalah superkonduktor ialah menentukan judul yang tepat dan jelas. Judul dibuat sesuai dengan tema yang telah ditentukan sebelumnya. Perlu Anda ketahui bahwa sebetulnya judul dan tema itu dua hal yang berbeda, tema merupakan dasar dari makalah yang akan Anda tulis sedangkan judul merupakan arah kemana tulisan itu akan Anda arahkan.

Mengapa Anda harus menentukan judul yang jelas? Agar penyusunan makalah jelas dan tidak ngawur. Karena pembahasan yang terlalu lebar dalam makalah, hanya akan membuat makalah menjadi tidak spesifik pembahasannya. Agar judul dan pembahasannya tetap spesifik, fokuslah terhadap tema yang telah Anda tentukan sebelumnya. Dengan begitu, isi dalam makalah yang Anda susun tidak akan melebar kemana-mana.

Mengumpulkan Berbagai Referensi Sebagai Bahan Makalah
Setelah Anda mengambil tema dan menentukan judul, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan dalam penyusunan makalah superkonduktor ialah mengumpulkan berbagai referensi sebagai sumber untuk penyusunan makalah. Resferensi paling terjamin sudah pasti Adalah buku. Namun biasanya manusia zaman sekarang malas membaca dan lebih suka mencari yang instan. Saya rasa perasaan tersebut harus dihapuskan, karena kurang baik untuk kemajuan diri Anda.

Kumpulkanlah beberapa referensi seperti dari jurnal, buku, dari situs terpercaya, dan beberapa sumber lain yang telah terjamin kebenarannya. Dalam penyusunan makalah, Anda harus memiliki dasar pemikiran yang jelas. Dasar pemikiran tersebut dapat Anda dapatkan dari berbagai sumber referensi tadi. Jika Anda belum memiliki pakem yang jelas untuk menyusun makalah superkonduktor, Anda tidak dapat menyusun makalah ini dengan baik.

Membaca Makalah Lain yang Memiliki Tema yang Sama
Menurut saya, langkah yang terakhir ini merupakan langkah yang paling efektif dalam pembuatan makalah. Mengapa? Karena dengan langsung melihat contoh makalah yang telah jadi, Anda akan langsung mendapat gambaran apa dan bagaimana nanti makalah Anda akan disusun. Biasanya dengan seperti ini, Anda akan lebih cepat mengerti dan mengetahui kemana arah pembahasan makalah yang akan Anda susun nanti.

Demikianlah cara menyusun makalah superkonduktor yang cepat dan tepat, semoga dapat membantu Anda yang hanya memiliki waktu sedikit.

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts