Langkah-langkah dalam Pembuatan Makalah Superkonduktor

Langkah-langkah dalam Pembuatan Makalah Superkonduktor

Ketika mendapatkan tugas untuk membuat makalah superkonduktor, untuk para pemula pasti bingung langkah apa yang harus pertama kali dilakukan. Makalah itu apa? 

Dan bagaimana format penulisannya yang baik dan benar. Hal kecil yang sering dilupakan dalam penulisan makalah ialah format penulisan kertas. 

Sederhana memang, namun ternyata sebetulnya ini merupakan pengetahuan dasar dalam penulisan sebuah makalah.

Jenis-jenis Makalah yang Dapat Anda Buat
Sebelum berlanjut menuju pembahasan bagaimana cara menyusun makalah superkonduktor, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu pengertian dari makalah. 

Makalah adalah sebuah karya tulis yang di dalamnya membahas tentang sebuah topik atau masalah yang nantinya akan dibacakan dalam persidangan atau di depan umum. 

Ada juga makalah yang di terbitkan. Makalah memiliki beberapa jenis, jenis-jenis makalah tersebut diantaranya:
1. Makalah induktif
Yang dimaksud dengan makalah induktif adalah makalah yang tersusun atas data empiris yang diperoleh dengan melalui sebuah penelitian yang dilakukan di lapangan. Penelitian yang dilakukan tentu masih berkaitan dengan pokok bahasan yang akan dibahas dalam makalah tersebut. Agar makalah ini termasuk makalah induktif, maka dalam makalah ini harus diawali dengan hal-hal yang bersifat khusus lalu disimpulkan menjadi sesuatu yang umum.

2. Makalah Deduktif
Yang dimaksud dengan makalah deduktif adalah makalah yang disusun berdasarkan atas tinjauan teori yang didapat dari literatur yang sudah ada. Sebuah makalah dapat dikatakan deduktif apabila makalah ini disusun dari mulai hal yang bersifat umum kemudian dikembangkan menjadi hal yang bersifat khusus. Singkatnya paragraf utama akan berada di awal paragraph, lalu diikuti oleh kalimat pendukung.

3. Makalah campuran
Yang dimaksud dengan makalah campuran ialah makalah yang merupakan gabungan dari makalah induktif dan makalah deduktif. Yang mana, makalah dasar penyusunan makalah ini adalah kajian sebuah data yang merupakan data gabungan dan data empiris. Paragrap dalam makalah ini diawali dengan hal yang bersifat umum lalu diikuti dengan kalimat-kalimat penjelas yang bersifat khusus, kemudian ditutup dengan kesimpulan yang bersifat umum.

Format kertas Penulisan Makalah Superkonduktor
Bagi para pemula yang baru saja mendapatkan tugas penulisan makalah superkonduktor, yang pertama kali harus diperhatikan ialah format kertas pada Microsoft word yang Anda gunakan. Karena biasanya jika penulisan format, jenis huruf yang digunakan pada makalah Anda tidak sesuai, akan menjadi sasaran Dosen untuk dicorat-coret , lalu bagaimana format makalah yang baik dan benar? Anda bisa membacanya di bawah ini:
1. Sampul makalah menggunakan kertsaa buffalo dan boleh berwarna.
2. Kertas yang digunakan pada Microsoft word berjenis A4.
3. Ukuran huruf  = 12
4. Jenis huruf = Times New Roman
5. Jarak spasi = 1,5
6. Margin = atas 4 cm, bawah 3 cm, kanan 3 cm, dan kiri 4 cm.

Format Penulisan dalam Makalah Superkonduktor
Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan dalam penyusunan makalah superkonduktor ialah jika Anda sudah mengatur format kertas, margin, jenis huruf, dan sebagainya. Maka kini Anda tinggal menyusun makalah Anda. Makalah sendiri memiliki sub bab yang harus tersusun dengan rapih. Tidak boleh ditulis secara acak, apalagi asal-asalan. Ada 8 poin penting yang terdapat dalam makalah, yaitu:
· Sampul Makalah
· Kata Pengantar
· Daftar Isi
· Pendahuluan
· Rumusan Masalah
· Pembahasan
· Penutup
· Daftar Pustaka
Demikianlah pembahasan singkat mengenai langkah-langkah dalam pembuatan makalah superkonduktor.

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts