Pembuatan Makalah Superkonduktor: Kata Pengantar, Daftar Isi, dan Pendahuluan

Pembuatan Makalah Superkonduktor: Kata Pengantar, Daftar Isi, dan Pendahuluan

Makalah superkonduktor memang menjadi suatu tugas yang wajib bagi para pelajar atau mahasiswa. Dalam pembuatan makalah, Anda harus menulisnya dengan benar agar dapat diterima dengan baik oleh dosen atau guru yang memberikan tugas. 

Penempatan titik, koma dan tanda baca lainnya harus benar. Karena jika salah titik saja, makalah Anda bisa tidak jadi di acc. Perhatikan kebakuan kata, jangan sampai bahasa yang Anda gunakan terkesan nyeleneh.



Proses dalam Penyusunan Kata Pengantar
Kata pengantar, biasanya ditulis pada awal makalah yaitu sebelum daftar isi dan pendahuluan. Dalam sebuah kata pengantar, biasanya berisi tentang ucapan syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa, kemudian kepada guru pembimbing dan kepada seluruh anggota yang terlibat dalam proses pembuatan makalah tersebut. Contoh singkat dari penulisan kata pengantar untuk makalah superkonduktor itu bisa seperti ini:
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat-Nyalah kami akhirnya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Sifat dan Jenis Superkonduktor” tepat pada waktunya. Tidak lupa rasa terima kasih kami sampaikan pada dosen pembimbing yang telah memberi banyak bimbingan serta masukan yang bermanfaat dalam proses penyusunan makalah ini. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyumbangkan pikirannya…”.

Proses dalam Penyusunan Daftar Isi

Daftar isi ini disusun untuk menunjukan judul-judul yang terdapat dalam makalah tersebut. Dalam daftar isi ini tertulis judul-judul yang ada dalam makalah, mulai dari kata pengantar, daftar isi, bab 1 yang merupakan pendahuluan (yang terdiri atas latar belakang, rumusan masalah, tujuan penulisan, dan manfaat penulisan), bab 2 yang merupakan pembahasan topik yang terdiri atas berbagai sub bab topik yang di bahas, hingga bab 3 penutupan.
Penyusunan daftar isi ini menggunakan format penulisan seperti ini:
Kata Pengantar………………………………………………………………………………….i
Daftar Isi………….……………………………………………………………………….……….ii
Bab 1 Pendahuluan
1.1 Latar Belakang………………………………………………………………… (di ujung ini di tulis halaman)
1.2 Rumusan Masalah…………………………………………………………(di ujung ini di tulis halaman)
1.3 Tujuan…………………………………………………………………………...(di ujung ini di tulis halaman)
Bab 2 Pembahasan
2.1 ………….................................................................................(di ujung ini di tulis halaman)
2.2 ………………………………………………………………………...……………..(di ujung ini di tulis halaman)
2.3 …………………………………………………………………………….………….(di ujung ini di tulis halaman)
Bab 3 Penutup
3.1 Kesimpulan………………………………………………………………………(di ujung ini di tulis halaman)
3.2 Saran……………………………………………………………………………….(di ujung ini di tulis halaman)
Daftar Pustaka…………………………………………………………………………….(di ujung ini di tulis halaman)

Proses Dalam Penyusunan Bab 1 Pendahuluan
Bab satu ini merupakan bab pembukaan atau bab pendahuluan dalam makalah superkonduktor. Karena penyusunan bab 1 pada makalah ini terdiri atas latar belakang, rumusan masalah, tujuan penulisan, dan manfaat penulisan. Tulislah secara rinci dan jelas, agar mudah dipahami oleh pembaca. Perhatikan kata baku yang Anda gunakan, jangan menggunakan kata yang ambigu agar tidak terjadi double tafsir.

1. Latar Belakang. Dalam latar belakang ini tertulis alasan penulisan makalah ini, pada awal paragraf tertulis berupa pernyataan fakta mengenai superkonduktor, kemudian ke bagian bawahnya dikembangkan. Dan pada bagian akhir dituliskan alasan penulis menulis makalah tersebut.

2. Rumusan masalah. Pada perumusan masalah ini, tertulis beberapa pertanyaan yang brkaitan dengan pembahasan.

3. Tujuan. Pada tujuan penulisan, terbagi lagi menjadi dua sub bab yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Untuk tujuan umum, merupakan tujuan secara garis besar dari pembuatan makalah. Sedangkan untuk tuuan khusus, merupakan tujuan secara khusus yaitu lebih dihubungkan dengan sub bab pada pembahasan.

4. Manfaat. Pada manfaat, tertulis manfaat dari penulisan makalah ini.
Demikianlah cara penulisan Kata Pengantar, Daftar Isi dan Pendahuluan pada makalah superkonduktor semoga bermanfaat.

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts