Isi Dari Pembahasan Dalam Makalah Superkonduktor

Isi Dari Pembahasan Dalam Makalah Superkonduktor

Dalam pembuatan makalah superkonduktor, pembahasan merupakan intisari dalam makalah tersebut. Karen dalam pembahasan, harus memuat seluruh informasi untuk dapat memecahkan permasalahan yang telah dirumuskan pada bab 1 yaitu pada sub bab rumusan masalah. 

Misalnya dalam rumusan masalah tersebut ditanyakan tentang pengertian superkonduktor, suhu dan medan magnetis, jenis-jenis konduktor, bahan super konduktor, tipe-tipe superkonduktor, dan berbagai macam hal yang berhubungan dengan superkonduktor lainnya.



Pembahasan Singkat Mengenai Bahan Superkonduktor
Dalam pembuatan makalah superkonduktor, tentu Anda harus mengetahui pengertian dari bahan superkonduktor itu sendiri. Bahan superkonduktor merupakan bahan material yang hambatan listriknya memiliki nilai nol pada suhu yang rendah. Karena superkonduktor dapat terus mengalirkan listrik tanpa harus ada tegangan. Bahan konduktor tersusun atas campuran beberapa unsur tertentu yang dapat menghantarkan listrik.

Suhu dan medan magnet kritis. Untuk menghasilkan keadaan superkonduktor, diperlukan suhu kritis (Tc). Setiap material bersuhu kritis yang berbeda-beda, biasanya antara 0◦K sampai 130◦K. melalui sebuah penelitian, logam murni seperti emas dan tembaga merupakan konduktor yang sangat baik di suhu ruang, ternyata memiliki suhu kritis yang ekstrim yaitu di bawah 4K untuk dapat menjadi superkonduktor. Keramik adalah contoh benda yang mempunyai titik kritis tinggi, yaitu di atas titik didih nitrogen cair.

a) Temperature Kritis (Tc), merupakan temperature bahan pada saat terjadinya perubahan sifat bahan. Saat temperature diturunkan dari temperatur ruang normal hingga batas temperatur tertentu bahan ini akan bersifat superkonduktor.
b) Medan Magnet Kritis, merupakan batas kuatnya medan magnet yang menyebabkan superkonduktor memiliki medan magnet.
c) Efek Meissner, merupakan peristiwa ketika superkonduktor berada di luar medan magnet kemudian medan magnet tersebut menembus superkonduktor dengan jarak yang sangat kecil, setelah itu medan magnet bernilai nol.

Jenis-jenis Bahan Superkonduktor dalam Makalah Superkonduktor
Kemudian pembahasan kedua yang dapat Anda masukkan ke dalam makalah superkonduktor yang Anda buat ialah jenis-jenis dar bahan superkonduktor. Anda dapat memasukkan dan menjadikannya sebagai salah satu bagian dari sub bab pada pembahasan makalah Anda. Karena, jenis-jenis superkonduktor ini juga merupakan bagian dari pembahasan superkonduktor dan termasuk pembahasan yang cukup penting. Jenis-jenis dari bahan superkonduktor ini diantaranya:
a. Mercury (1911): merupakan super konduktor pertama yang ditemukan oleh Heike Kamerlingh Onnes. Ia menggunakan helium cair untuk membuat mercuri menjadi dingin di bawah suhu transisi superkonduktor. Suhunya yaitu 4,2 Kelvin.
b. Niobium Alloy (1941): dalam dunia industry penggunaan superkonduktor telah digunakan sejak tahun 1961. Saat itu, para ilmuwan menemukan bahwa niobium tin (Nb3Sn) menjadi superkonduktor pada suhu 18,3 kelvin dan dapat membawa arus tinggi serta tahan terhadap medan magnet besar.
c. Niobium Germanium (1971): memegang rekor temperature transisi tertinggi antara tahun 1971 – 1989.
d. Heavy Fermion (1979): mirip denan uranium platina. Memiliki elektron dengan ratusan kali massa biasa mereka.

Karakter dan Sifat Bahan Superkonduktor
Sub bab selanjutnya yang dapat Anda tambahkan pada makalah yang Anda buat ialah karakter dan sifat bahan superkonduktor. Karakteristik dari bahan Superkonduktor merupakan medan magnet dalam superkonduktor yang memiliki nilai nol dan mengalami efek meisner. Resistivitas suatu bahan bernilai nol jika di bawah suhu kritisnya. Pembahasan ini cukup penting sehingga bisa Anda masukkan menjadi salah satu sub bab pada makalah superkonduktor Anda, semoga bermanfaat.

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts