Cara Membuat Makalah Superkonduktor yang Baik dan Benar

Cara Membuat Makalah Superkonduktor yang Baik dan Benar

Makalah Superkonduktor atau makalah lainnya, sepertinya merupakan tugas wajib yang pasti diberikan oleh guru atau dosen. Tidak tau mengapa, sepertinya ini merupakan salah satu tugas favorit mereka untuk para muridnya. 

Namun ternyata tidak semua murid yang mereka berikan tugas makalah tersebut mengetahui bagaimana rangka dan tata cara pembuatan makalah yang baik dan benar. Bahkan kerangaka makalahnya saja banyak yang tidak sesuai dan tidak lengkap.

Susunan Kerangka dalam Makalah Konduktor
Sebetulnya, pasti sudah banyak sekali blog yang membahas tentang cara pembuatan makalah superkonduktor. 

Namun ketidakpuasan akan informasi yang telah Anda dapat, membuat Anda terus mencari-cari informasi lain untuk memastikan informasi yang telah Anda dapat itu benar adanya atau hanya sebuah karangan semata. 

Bagaimanakah susunan kerangka makalah yang benar? Ada beberapa poin yang harus ada dalam makalah, yaitu:
· Cover
· Kata Pengantar
· Daftar Isi
· Bab 1 Pendahuluan
· Bab 2 Pembahasan
· Bab 3 Penutup
· Daftar Pustaka

Penulisan Cover Makalah yang Baik dan Benar
Dalam penulisan makalah superkonduktor, cover merupakan hal yang harus ada. Karena dalam cover tersebut akan termuat identitas penulis. Cover atau sampul ini akan berada di halaman paling depan makalah. Makalah yang baik, setidaknya harus memiliki 4 hal yaitu, judul makalah, logo, nama penyusun, nama instansi/sekolah/perguruan tinggi dan tahun ajaran. Untuk lebih jelasnya Anda dapat mencari contoh gambar cover makalah ini dalam internet.

Penulisan Kata Pengantar Dalam Makalah yang Baik Dan Benar
Selanjutnya adalah kata pengantar, dalam kata pengantar ini biasanya tertulis ucapan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kemudian ucapan terima kasih kepada dosen pembimbing atau dosen pengampu, lalu ke seluruh anggota yang terlibat dalam penyusunan makalah tersebut. Tidak ada catatan khusus dalam pembuatan kata pengantar, yang penting bahasa yang digunakan baku dan masuk akal.

Penulisan Daftar Isi pada Makalah Superkonduktor
Daftar isi merupakan poin yang tidak kalah penting dalam penulisan makalah. Karena daftar isi ini memuat judul bab dan sub bab yang dibahas dalam makalah tersebut. Pada penulisan daftar isi, halaman-halaman dari tiap sub bab tersebut akan dicantumkan. Sehingga memudahkan dosen saat melakukan pemeriksaan kelengkapan isi makalah Anda. Penulisan daftar isi ini biasanya di mulai dari kata pengantar, daftar isi, bab 1 pendahuluan dan seterusnya.

Penulisan Bab 1 Pendahuluan pada Makalah
Sekarang Anda mulai masuk ke bab 1 pendahuluan, disini merupakan bagian pembuka dari makalah. Dalam bab satu ini terdiri atas latar belakang. Dalam penulisan latar belakang Anda akan membahas alasan Anda mengapa mengambil topik tersebut untuk dijadikan sebuah makalah. Selanjutnya ada rumusan masalah, isinya berupa pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan pembahasan. Dan yang terakhir ada tujuan dari pembuatan makalah.

Penulisan Bab 2 Pembahasan pada Makalah
Bab 2 ini merupakan bab yang paling penting karena di dalamnya memuat pembahasan inti dari makalah. Dalam pembahasan ini, buat lah poin-poin dengan terperinci agar enak dibaca. Gunakan EYD yang baik agar isinya mudah dipahami. Dan pastikan pembahasan ini menjawab seluruh pertanyaan yang terdapat dalam rumusan masalah. Mulailah dengan membahas hal yang bersifat umum kemudian diikuti dengan pembahasan yang bersifat khusus.

Penulisan Bab 3 Sebagai Penutup
Bab 3 ini merupakan penutup dari suatu makalah. Dalam bab 3 tertulis kesimpulan dari pembahasan yang telah dibahas pada bab 2. Anda juga dapat menambahkan saran dan opini pada bab ini dan jika Anda sudah sampai pada bab 3 tandanya penulisan makalah Anda mengenai superkonduktor ini telah selesai. Demikianlah pembahasan singkat mengenai langkah pembuatan makalah superkonduktor.

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts