Kunci Membuat Makalah Superkonduktor ini Harus Anda Coba

Kunci Membuat Makalah Superkonduktor ini Harus Anda Coba

Dalam pembuatan makalah superkonduktor ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Pembuatan makalah sepertinya merupakan sesuatu yang wajib bagi seorang mahasiswa atau pelajar. Namun, dalam proses pembuatannya biasanya bagaimana cara membuat makalah yang benar. Makalah itu terdiri atas 3 buah bagian, yaitu pada bab 1, bab 2, dan bab 3. Di bawah ini akan di bahas mengenai cara pembuatan superkonduktor yang baik dan benar.

Proses Pembuatan Bab 1 Makalah
Bab 1 merupakan bab yang paling pertama muncul pada sebuah makalah superkonduktor. Maksudnya, dalam bab 1 ini akan dipaparkan pembukaan pembahasan yang akan di bahas selengkapnya di bab 2. Sub bab dari bab 1 ini terdiri atas Latar Belakang, Rumusan Masalah, Tujuan (untuk tujuan sendiri terbagi dua, yaitu tujuan umum dan tujuan khusus), dan yang terakhir ialah Manfaat.

1. Latar belakang
Latar belakang suatu makalah berisi tentang alasan penulis mengapa memilih judul makalah tersebut. Atau bisa juga berisi tentang mengapa dan bagaimana atau asal-usul terjadinya topik yang telah Anda ambil. Namun umumnya pada sebuah makalah, isi latar belakang itu memuat alasan-alasan penulis mengapa mengambil topik tersebut. 

Contohnya begini:

 “Super Konduktor ditemukan pertama kali oleh Heike Kemerligh Onnes, yang merupakan seorang fisikawan dari Belanda lulusan dari Universitas Leiden (pada awal latar belakang Anda dapat menggunakan kalimat seperti ini, yaitu berupa kalimat fakta yang berkaitan dengan topik yang telah Anda ambil). Oleh karena itu, di sini saya menyusun makalah ini untuk berbagi pengetahuan mengenai superkonduktor.”

2. Rumusan Masalah
Dalam perumusan masalah ini berisi tentang pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan topik atau masalah yang telah Anda ambil. Sebagaia contoh perumusan masalah dalam makalah superkonduktor ini yaitu:
1. Bagaimana proses terbentuknya superkonduktor?
2. Apa sajakah komponen yang terdapat pada superkonduktor?
3. 
4. 
Jumlah pertanyaannya bebas, tergantung topik yang Anda buat.

3. Tujuan
Dalam tujuan, di sini kita menuliskan tujuan dari penulisan makalah ini. Tujuan ini terdiri atas tujuan khusus dan tujuan umum. Untuk tujuan umum, misalnya begini “Mengetahui dan memahami tentang superkonduktor”. Jadi hanya garis besarnya saja. sedangkan untuk tujuan khusus, lebih difokuskan pada sub bab pembahasan nantinya.

4. Manfaat
Untuk manfaat ini, boleh ada boleh juga tidak. Dalam manfaat ini, penulis harus menuliskan manfaat dari penulisan makalah ini.

Proses Pembuatan Bab 2 Makalah
· Bab 2 ini merupakan inti pokok dari sebuah makalah. Makalah superkonduktor ini berisi tentang pembahasan inti mengenai masalah yang telah di ambil. Penulisannya biasanya dibagi menjadi beberapa sub bab, menggunakan format seperti 2.1, 2.2, 2.3, 2.4, 2.5, dan seterusnya. Bab dua ini berisi pengertian superkonduktor, prinsip superkonduktor, sifat superkonduktor, jenis dan bahan superkondukto, tipe-tipe konduktor.

Proses Pembuatan Bab 3 Makalah
Pada bab 3 ini, berisi tentang penutupan dari makalah. Biasanya bab 3 makalah ini terdiri atas kesimpulan dan saran si penulis terhadap pembaca. Misalnya contohnya begini “Superkonduktor merupakan bahan material yang jika pada suhu dingin hambatannya sama dengan nol namun mengalirkan listrik dengan energy yang tetap. Karakter superkonduktor pada sebuah medan magnet memiliki nilai nol dan dikenal sebagai efek meissner.

Demikianlah proses pembuatan makalah mulai dari bab 1, bab 2, dan bab 3. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat membantu Anda sekalian dalam pembuatan makalah superkonduktor.

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts